whose side are you on

whose side are you on

Wednesday, March 16, 2011

Books Of Debate : The Second Chapter ----- Go Uncle JK…. Go..!!!

Putaran kedua Debat Capres Indonesia…

Sudah diduga, semua penghuni channel hari Kamis (25 Juni 2009) kemaren sudah menunggu-nunggu acara debat capres putaran ke 2. Hanya saja kali ini para Vampires dan Kuntilanaks sudah janjianbakalan nongol dan aktif di channel. Soalnya kita akan mengadakan polling kecil2an. Jadilah kali ini channel riuh gemuruh kaya pasar malam… beda kaya putaran debat sebelumnya, channel sepi kaya kota hantu. Padahal isinya memang hantu semua…hehehehe…….

Kita sih sudah gak terlalu berharap banyak lagi debat bisa seperti debat capres di Amerika. Tapi mau gimana lagi kan? Dari pada bersungut-sungut terus gak bisa ngapa-ngapain juga, mending dinikmati aja yang ada. Kalo sudah laper berat…. Apa aja makanan jadi enak kan?? Kecuali makan teman dan makan babi….hehehehe…. iya kan? Soalnya teman kan bukan babi… masa dimakan??.…hekhekhekhek…..

Seperti putaran debat capres dan cawapres sebelumnya, putaran ke 2 debat capres ini juga dibroadcast live ke channel.Biar juga kualitas broadcastnya tidak sebagus kalau melihat langsung di TV, tapi kalo diliat bareng-bareng, dan langsung dikomentari rame-rame, malah jadi seru kan??

Wuuhh serrruuu….!!!

Semua yg ikutan nongol di channel, boleh ngajak seisi rumah ikutan polling. Jadilah om nya kuntilanak, tantenya vampire, ibunya hantu, bapaknya penyihir, kakaknya tukang teluh, adiknya tukang santet, istrinya pak dukun, suaminya tante girang, pokonya orang yg kebenaran lagi ada dan mau ikutan boleh….

Komentar awal sih sudah bisa ditebak. Debatnya garing…. Moderatornya cantik… Om SBY ganteng… pokonya yang gitu2 deh….

Tapi kok capres dan moderatornya kaya pada stress semuwa yaaaa…??? Apalagi Om SBY, tegang banget kayanya….. Santay dikit dee oomm….

Cuma debatnya juga kaya-kaya implausible deh… kelewatan tuh moderator cantik… masa ngasih 4 pertanyaan penting Cuma dikasih waktu 2 menit buat jawab?? Gila beneerrr…. Coba dong ah, bikin debat yg masuk akal… 1 pertanyaan 1 menit masih oke deh…. Ini 4 pertanyaan sangat fundamental, Cuma dikasih waktu dua menit buat ngejawab??? Itu sih bukan debat…. Tapi ujian calon Doktor….

KPU plis deh…. Bikin format debat yg bener aja…!!!!

Anyway, begini nih hasil pollingnya.

Demography peserta polling:

9 Vampires.

6 Kuntilanaks.

9 istri Vampires.

2 suami Kuntilanaks.

11 bapak dan 11 ibu nya Vampires/Kuntilanaks

24 kakak/adik Vampires/Kuntilanaks

Total: 61 hantu.

Polling nya ringan2 aja. Gak kaya polling LSI dan segala macam lembaga survey yang mahal2 itu. Namanya juga polling-polling an kan?

Yang dinilai juga yg bisa diliat dari acara debat itu aja. Tapi memang maksudnya kan Cuma menilai hasil debat itu kan??

Pertama yang dinilai penampilan capresnya…. Jelassss ddooonngg…. Secara kita agak2 hedonis begini, penampilan penting dong ah… masa entar Presiden Indonesia mirip tukang sayur?? Plis dong ah…. Secara Indonesia itu Negara terbesar ke 4 didunia dalam hal jumlah penduduk, masa entar Presidennya mirip bakul jamu atau bakul sayur?? Biar juga pinter dan cerdas, penampilan penting dooonngg…..

Terus penilaian kedua adalah materi jawaban dan cara penyampaiannya. Cara berdebatnya, dan pola pikir yang diperlihatkan. Jelaaass juga dooonngg…. Kalo berani berdebat jadi orang nomer 1 Indonesia… cara berpikir dan cara berargumen harus terstruktur dong… jangan menjawab dan berdebat kaya satpam… Kalau pola pikirnya aja sudah tidak terstruktur… jadi bintang sinetron aja deh…. Jangan jadi Presiden…

Dan penilaian terakhir adalah penilaian overall, secara keseluruhan. Karena cara pollingnya juga kan polling ala Vampires dan Kuntilanaks. Penilaian Cuma boleh “IN” atau “OUT”.

“IN” dikasih nilai 1 (satu). Dan “OUT” dikasih nilai 0 (Nol). Tidak ada abstain dan tidak ada penjelasan lanjutan. Tidak boleh kaya gini: “Gw kasih Out ya, tapi..bla bla bla bla… Tidak ada begitu2. Tidak boleh setengah2. Pokonya kalau In ya In, Out ya Out…. Titik!

Dan Hasilnya adalaahhh…..jreeenngg…..:

1.Penampilan:

a.Mbak Mega: 2 In

b.Om SBY: 47 In

c.Om JK:12 In

2.Penguasaan Materi dan Penyampaian:

a.Mbak Mega:2 In (2 orang ini kayanya pencinta maniak mbak Mega deh, pasti bapaknya para Kuntilanak..!!)

b.Om SBY:16 In

c.Om JK:43 In

3.Overall:

a.Mbak Mega:4 In

b.Om SBY:63 In

c.Om JK:55 In

Secara overall, Om SBY memang menang, tapi terus terang harusnya category ke 2 (Penguasaan Materi dan Penyampaian) memiliki bobot yg lebih. Tadinya kita mau ngasih category I (Penampilan) itu 30%, dan category II itu 70%. Terus terang gw setuju pembobotan begini. Menurut gw otak itu lebih penting dari penampilan. Iya gak? Jadi seharusnya Om JK yg menang diputaran kali ini.

Tapi banyak yang protes, terutama para kuntilanaks laaa…… siapa lagiii??? Mereka paling ngotot bilang, penampilan itu penting banget. “Apa lu mau presiden lu mirip Tukul?” kata kuntilanaks itu ngotot. Maaf ya mas Tukul…. Marahin tuh Kuntilanak-Kuntilanak sok cantik itu semua……

Dari pada ribut sama Kuntilanaks, mending ngalah deehhhh….

Yang jelas this time around it’s for Uncle JK…. Yang terbaik yang terpilih. Go Uncle JK… GO…!!!

No comments:

Post a Comment