whose side are you on

whose side are you on

Sunday, May 5, 2013

In memoriam, Ustadz Jefrei Al Bachari - Seorang yg baru belajar Islam.

Seorang teman gw pernah bilang gini ke gw, "Tidak ada sesuatu yg kebetulan, semuanya sudah ada yg mengatur".
Kalo hidup lu terlalu sering "dihinggapi" kebetulan. Dari satu kebetulan, ke kebetulan berikutnya, begitu banyak kebetulan, sebaiknya lu sudah mulai mikir, memang semua "kebetulan" itu pasti sudah ada yg atur.
Begitu banyak wajah tampan di dunia ini, yg pengen jadi bintang terkenal, tapi kenapa Dude herlino yg "kebetulan" terkenal? Padahal banyak yg jauh lebih keren segala-galanya dr Dude.
Begitu banyak wanita bersuara bagus di Indonesia, malah jauh lebih bagus dr suara Agnes Monica, tapi kenapa "kebetulan" Agnes Monica yg bisa ngetop?
Kerja Keras? Yg lain juga sama kerja keras. Cantik? Yg lain malah lebih cantik. Hoki? Nah lho, kebetulan lagi deehh...
Jadi lu masih percaya "kebetulan"? Jangan bodoh terus deh....


Gw dulu kuliah di Boston. Tapi kok "kebetulan" banget gak pernah ketemu dedengkot JIL om Ulil itu ya? Padahal katanya dya jg kuliah di sana. Tapi gak "ngehit" banget tuh namanya di anggota bergaul "PERMIAS BOSTON". Gak pernah tau tuh mahluk, pernah ikutan acara "hit" Permias Boston. Maklum ya bookk.... beda kelas, kekekekeke.... Yg satu ga perlu duit buat belajar Islam, yg satu perlu disumpal Dollar buat menistakan Islam. Kekekekekek....

Saat-saat tahun akhir kuliah gw, gw berkenalan dengan salah seorang International student dari Pakistan. Anak seorang pengusaha kelas atas Pakistan. Dia baru diterima admitionnya, masuk semester satu, sementara gw sudah tinggal kurang setahun lagi. Jadi perkenalan kita memang "kebetulan" dan singkat.

Sama seperti gw, dia juga tinggal di rumah sendiri, bersama adiknya, perempuan, yg masih junior (tahun ke 3) di program undergraduate (college). Di kalangan teman2nya sesama Pakistani, dia sangat dihormati. Maklum dari keluarga kelas atas di negaranya. Tapi bukan itu yg menarik perhatian gw.

Gw itu ya masbrok, sama seperti teman2 dekat gw lainnya, dulu itu agak2 "alerji" sama yg namanya agama. Pengen sih belajar agama, tapi kok ya rasanya tidak sesuai dengan peri kehidupan hedonis, bergaul dan cosmopolitan gaya kita2 ya masbrok? Malah kita pernah agak2 ngemper ke pemikiran Nurcholish Majid (NM) dan Goenawan Moehammad (GM).
Jadi pengagum "beliau-beliau", seperti yg pernah diceritakan salah satu vampir di postingannya di sini. Karena kayaknya pemikiran2 "terbuka" mereka lebih pas ke gaya hidup kita yang "merasa" jet-setter, sok "high-class" dan hedonis habieesss...

Bayangan kita tentang Islam itu,... SANGAT TIDAK GAUL, BUTEG, JELEK, KETINGGALAN JAMAN, BERPAKAIAN NINJA (istilah kita2 buat cewe2 berjilbab), berjenggot, celana ngatung, bergamis, rohis kambing (istilah kita2 buat cowo2 berpenampilan seperti itu).
Sampai gw berkenalan dengan teman Pakistan gw itu. Orangnya? Buuiihhh....
Keren habis, gaul habis, bahasa Perancis cas-cis-cus, apalagi Inggris, tajir mampusss... Gw benar-benar merasa sekelas (haeehhh matteee..)
Dia jadi teman maen kita ngegank, lebih sering jalan sama kita2 daripada sama teman-teman Pakistaninya.
Clubbing di seantero jagad.
Pertama kali dikenalkan dengan adik cewenya, gw sudah agak2 bingung sebenarnya. Kakaknya bergaul habis, tapi adiknya berjilbab. Cantiiikk bangettt masbbrrookk... sumpaahhh!!!
Untuk pertama kalinya istilah "Ninja" itu tidak berlaku buat adiknya ini, yang cantik dan bergaul juga.
Dan yg buat gw agak2 mulai "minder" dengan teman gw ini, bukan masalah siapa lebih tajir, siapa lebih ganteng, siapa lebih pinter, tapiii.......

Pas musim haji dia cuti kuliah. Gileee yeee... padahal nggak libur, midterm mulai dekat. Cuti masbroookk... supaya bisa berhaji sama seluruh keluarganya, termasuk adik cewenya itu. Gelooookk....
Dan dia bilang, dia akan melakukan itu setiap tahun, apa pun resikonya. Berhaji lebih penting dari kuliah, katanya.
Gedeebuugghh... jantung gw... kalah set pertama.

Terus gw mulai perhatikan, sesempit apapun waktu, dia selalu sempet2in shalat. Padahal lu tau aja, sekolah di Amrik mana ada mushalla masbrok???? Cuek aja dia shalat di perpustakaan. Adiknya juga begitu katanya. Bawa mukena kemana-mana.
Kalo lagi hang-out bergaul, gw juga perhatikan dia ga pernah minum alkohol. Dia selalu becandai kita-kita yg minum alkohol, haroomm haroomm... katanya dengan logat arabic yg dibuat-buat sambil cengengesan. Kita balas ngeledek dia, chikeennn...chickeennn... dengan gaya gay dibuat-buat... tapi tetepp gak ngaruh buat dia...
Sementara gw dan teman2 laen, shalat kaaggakk... nenggak cocktail hayuuukkk... gedeebugghh...kalah lagi dua set...

Selesai kuliah, gw disuruh cepat2 balik bonyok dr State, maklum anak paling gede. Banyak tanggung jawab. jadi meski sampe sekarang kita masih tetap temanan, kontak langsung personal gw dan dia terhenti untuk sementara.

Di Jakarta, kehidupan super gaul hedonis kita berlanjut dong.....
Sampai dari salah seorang sahabat gw, gank bergaul kita, dikenalkan dengan salah seorang sahabat terbaik gw sampe sekarang. Katanya temannya di salah satu majelis taklim pengajian. Sampe sekarang dikalangan internal kita, kita memanggilnya "Pak Ustadz".
Sahabat yg memperkenalkan kita kepada dia sudah sering bercerita tentang "Pak ustadz" ini. Dia bilang orangnya juga agak2 bergooll... Mungkin asik dijadikan teman katanya.
Tapi tetap saja gw skeptis. Bayangan gw, ni orang pasti berpenampilan sedikit lebih baik dari "Rohis kambing".... (hehehehehe mangaapp yaaa masbrok... tapi lu bakal gw puji2 kok, asal jangan ge-er aja...ciyeeee!!!!)

Tapi saat berkenalan, sumpah mampusss, gw yakin semua teman2 segank kita juga akan memiliki penilaian yg sama.
Rambut spike, berjelly (Waktu itu masih ngetrend banget rambut tuink-tuink berjambul Tintin) penampilan modis keren habess. Sepatu pancus berujung lancip, kemeja tight fit (Lagi ngetrend banget), celana ketat meruncing...
Gw serasa ngeliat peragawan masbrok... Bukan Rohis.
Dan orangnya? Masbrrokkk plis deh...!!! Kalo ganteng keren berpenampilan gaol, tapi tolol, ke danau aja kali yeee berenang sama lumut...
Lulusan ITB, masternya cum-laude dr MIT... Jago matematika dan teori quantum, sayang ilmunya ga kepake, krn lebih milih jadi pengusaha kayak bapaknya. Katanya ilmunya gak dihargai di Indonesia. Indonesia lebih menghargai Artis sukses daripada ilmuwan hebat katanya. Gw yg masih hedonis, sok borjuis dan "milih2 teman", harus lihat tongkrongannya... Mercy E320 (Waktu itu, New Eyes lagi hura-hura banget masbrok)... alaaamaakkk....
Gw jadi inget teman Pakistan gw tadi yg gw ceritakan...

Dan seperti flash back, ketika gw dan teman2 gw mulai "bergaul" dengan teman baru kita ini, gw seperti deja-vu dengan teman Pakistan gw itu...
Kemana-mana kalo kita travelling yg paling pertama dia bawa pasti sajadah dan kain sarung.
Sampe2 seorang teman kita yg "sempet kesel", ngerumpiin dia, "Orang kalo mau fun traveling itu bawa Inex sama Kondom, naahh diaa?? Bawaannya sajadah dan sarung!!" Gw waktu itu ikutan ketawa.

Kalo lagi clubbing, sama seperti teman Pakistan gw itu, minum pasti Aqua, juice jeruk ato Coke. Tak pernah miras, minol, ato cocktail.
Kita nginex sampe ajib-ajib, dia sedikit pun tak pernah pengen nyoba katanya. jadi kalo pulang ajib-ajib, dia pasti jadi supir, karena dia yg paling sober. Sementara kita semua teleeerrr beraatt...
Dan mau pulang sepagiiii apa puunn... shalat subuh is a must!!! Sementara kita lagi tripping berat!!!

Dan kalo gw maen kerumahnya, dia sengaja-sengajain bawa gw lagi Magribh... pas semua keluarganya akan shalat berjama'ah.
Kebetulan bokapnya kenal bokap gw, jadi bisa langsung nyambung ngobrolnya.
Dan gw pasti diajak ikutan shalat jamaah. Malluuu doonngg gw kalo gak ikut shalat..... Biar juga dalam hati sambil ngomel.
Dan selalu begitu, gw dan teman2 diajak kerumahnya pas lagi mau shalat. Teman-teman gw yg lain mulai mikir kalo itu emang disengaja. Kita bukan orang dungu masbrookk...!!!

Kalo lagi hangout... acara utama selain pesta tripping, minum sudah pasti, yg paling ditunggu ya acara hunting "ratu pesta" dong kan? Acara one night stand (ONS) dengan "ratu-ratu pesta clubbing", yg seliweran di club-club malam high class. Orang-orang semacam kita gampang banget dapetin "ratu-ratu pesta semalam" beginian. Jelas donk ah!!
Dan teman kita itu, kalo mau, dengan tongkrongannya, pasti juga bisa sukses dan meriah melakukan hal yg sama, tapi dia tak pernah tertarik katanya. Meski kita rayu, cela-cela, ejek-ejek banci, bencong, gay... teteepp aja dia gak bergeming.

Pernah kita diprotes salah seorang "ratu pesta semalam" kita, seorang bintang film terkenal saat itu, bomb sex yg wara-wiri tiap malam clubbing dengan bule-bule...
"Ratu pesta semalam" kita ini, yg merasa artis terkenal, dengan kesal protes, orang lagi pesta tripping kok dia malah shalat Tahajjud di ruang tengah, sementara yg lain lagi heppi-heppi, bikin BT (Bad Tripping) aja katanya, dengan nada sangat kesal. Istilah BT (bete) itu lagi mulai ngeterend kala itu, singkatan dari Bad Tripping. Kita cuma mesem-mesem aja...

Dan ketika dia proklamirkan dia mau nikah, kita dikenalkan dengan calon istrinya. Untuk kedua kalinya, istilah "Ninja" gw buat cewe-cewe berjilbab, tak berlaku buat calon istrinya ini. Berjilbab, cantik dan shopisticated!!!!
Dan dari teman gw pak ustadz inilah gw diperkenalkan dengan istilah dia, "Bersenang-senang di Jalan Allah. Heppi-heppi di jalan Allah."
Clubbing tidak mesti minum yg haram dan nginex kan? Katanya.
Hang out tidak perlu berburu "ratu pesta" buat ONS kan? Katanya.
Heppi-heppi tidak mesti pesta tripping kan? Katanya... Dan kamu bisa tetap heppi, senang, dan yg penting sober. Katanya

Dan lagi2 hati kecil gw yg kosong dan dipenuhi segala hal yg berbau duniawi, langsung "minder" berhadapan dengan orang seperti ini.
Percaya deeehhh.... Orang-orang seperti gw dulu, jaman kebodohon dan kegelapan, seangkuh apapun kelihatannya, sehebat dan sekeren apapun penampilannya, karena hatinya kosong, akan sangat cepat merasa "kalah" dengan orang-orang yang punya dasar agama dan karakter kuat seperti pak ustadz sahabat baik gw ini.

Dari dia jugalah kita berkenalan dengan Uje dan Mbak Pipik.

Dan sekarang gw percaya bangettttt dengan takdir. Tidak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan.
Do'a gw yg "mungkin" tulus dari hati yg menjerit minta tolong pada Allah, dikabulkan.
Dan gw yakin juga dengan do'a tulus Bokap Nyokap gw, yg mungkin juga menjerit melihat "kesalahan" mereka sempat "menyesatkan" gw menjadi materialis dan hedonis...

Gw dikenalkan dengan sisi Islam yg lain. Islam yg Gaul. Ganteng. Spiky. Keren. Cantik. Modis. Pinter. Dan yg jelas.... SANGAT LEMBUT DAN SANGAT INDAH. BUKAN ISLAM YG SELALU MENGHAKIMI.

Coba gw didekati dengan model Rohis kampung yg gw ceritakan itu. Yang taunya cuma mengharamkan segala macam. Musik haram, clubbing haram, ini haram, itu haram, merasa paling suci sedunia jagat raya Allah.

Itu juga yg dilakukan Uje. Merangkul orang2 yang "baru belajar Islam, menetas Islam". Merangkul, bukan menghakimi.
Tak perduli seberapa banyak orang yg sinis menyebutnya sebagai "Ustadz Gaul". Bagi gw dan teman2 gw, Uje adalah sosok yg sangat pantas dijadikan tauladan....
Coba tanya berapa orang mantan2 hedonis seperti kita yg sudah berjilbab gara2 Uje. Berapa orang mantan2 super hedonis yg mulai belajar shalat. Yang mulai meninggalkan minuman haram, nyabu, inex, dan lain sebagainya... Tanya deh...

Jangan mentang2 lu sudah hafidz Quran, pelajaran agama ngolotok, lantas merasa paling suci dan menghakimi semua orang.
Give credits, coba hargai wanita-wanita yg mulai menutup aurat, yg tadinya pakai "baju daging" kemana-mana.
Mempertontonkan daging-daging, semakin kelihatan dagingnya semakin sexy. Hargai itu, jangan menghakimi, dan mengatakan cara berjilbabnya salah, haram... mampus aja lo masbrok kalo bgitu. Rangkul, jangan menghakimi.

Give credit, hargai yang tadinya selalu makan dan minum yg haram, mulai meninggalkannya... hargai itu, jangan menghakimi, clubbing itu haram... mampus aja lo masbrok!!

Buat yang tadinya shalat sekarang, seminggu tidak. Mulai belajar shalat 5 waktu... hargai itu, janga bilang shalat lu salah, haram... ke Taman Safari aja lo maen sama singa dan monyet!!!

Buat yg tadinya hangout, untuk berburu "ratu2 pesta" buat teman kencan ONS, sekarang hangout hanya untuk dengar musik, hargai itu... jangan jadi pendengki ngomongin musik haram... Ke Taman raya Bogor aja lo gantung diri masbray!!!

Sudahlah gendut, gigi tonggos, jerawatan, jelek, tak pernah kemana-mana, ketemu adik gw yg benar-benar cantik, pinter, VIP flyer, cosmopolis, cerdas, dan mulai berbusana muslimah, terus dikata-katain, jilbab lo salah, haram, harus begini harus begitu, nadanya dengki pulak.... gw ucapkan buat orang seperti lo mbaksista, urusin dulu gigi tonggos lo itu ke dokter gigi, biar agak rapihan dikit. Jangan dengki sama orang...
HARGAI USAHA ORANG UNTUK MENJADI ISLAM YG KAFFAH!!!!
RANGKUL JANGAN MENGHAKIMI!!!!

Karena bagi gw dan sahabat2 gw, Islam itu juga, gaul, keren, ganteng, cantik, Indah, Modis, dan yg paling utama..Agama Allah... Lembut dan Penuh Keindahan.....!!!
DAN ITU PENGALAMAN SEUMUR HIDUP VAMPIRE2 DAN KUNTI2.... SubhanAllah.....

No comments:

Post a Comment