whose side are you on

whose side are you on

Wednesday, May 6, 2015

Books of Conversion ~~ New tricky way, still the same story ~~



Beberapa hari lalu, salah seorang Vampire ngepost kultwit series "Sejarah Kristenisasi Indonesia" dari mas @Hafidz_ary di workgroup Channel. Maksudnya buat jadi bahan bacaan dan diskusi bagi para Vampire dan Kunties. Banyak yg kasih komen, biasalah Vampires dan Kunties, dari mulai komen serius sampe ocehan garink yg gak penting.
Eyke jadi teringat satu kejadian dulu. Eyke pernah nemanin Mr.Bo dan Mrs.Nyo ke acara kawinan anak seorang mantan Menteri di Era Mbah Harto. Orang Batak. Jadi tamunya banyak yg dr Batak. Dan secara Mrs.Nyo sendiri kan juga dari Mandailing. Jadi klop aja rasanya, hihihik.

Lo semua tau donk gimana "parpunguan" (bahasa moderennya: Gerombolan, hehe..) orang-orang dr Batak. Dari ujung ke ujung bersodara. Kayak eyke yg agak-agak kurang paham "tarombo" (silsilah) dan "parpunguan", jadi agak mumet kalo sudah diceritakan hubungan darah "dari ujung ke ujung" ini.
Contohnya eyke pernah di kenalkan ke seseorang. Katakanlah si A, terus yg ngenalin bilang gini: "Si A ini anak Om Pasaribu. Kau tau kan sama Om Jenderal Nasution, nah Om Pasaribu itu, anak dari Namborunya, Bapa-tuanya, Tulangnya, babere-pohuppunya, Inang Uda, Itonya, anaknya, Tulangnya, adek dari Jenderal Nasution. Jadi Kau masih sepupuan sama si A ini. Jadi kau panggil abang ajalah. Bingung gak lu gok? Mate gak lo? Gubraagg duweh...
Eyke kalo sudah begitu mending pengen lenyap aja dari muka bumi. Cuma bisa mesem en ngangguk-ngangguk. Kagak ngerti blasss... Cuma bisa ngejawab: "Oh iya ya Om? Oh gituuuu yaaa Om... Iya duuwwehh... yiiuukk..."

Pernah dulu eyke nemanin Mrs.Nyo ke Kuala Lumpur. Ada nikahan anak seorang saudara di sana. Bapaknya berdarah campuran Batak dan Melayu. Mantan penyanyi sangat terkenal di Malaysia, di era tahun 70-an. Kalau dengan bapaknya ini, yg mantan penyanyi tersohor ini, eyke masih sempet kenal. Karena desye masih punya banyak saudara yang tinggal di Sumatra trutama di Medan. Dan dia sering berkunjung ke sana, dan selalu menyempatkan diri silaturahim ke rumah kakek eyke. Jadi eyke masih tau kalo dia itu sodara.
Di acara pernikahan anaknya itu, ternyata Mak-cik Sheila Madjid juga datang. Eyke baru tahu, kalo ibunya Sheila Madjid juga orang Mandailing. Boru Nasution. Waktu dikenalkan sama salah seorang sodara dari Medan yg juga hadir di situ, mulai deh partaromboan/silsilal berlangsung, krn itu emang penting buat Batak agar tahu saling menyapa dengan panggilan apa.

"Ini Sheila Madjid", mulai deh tarombo, "Ibunya ini Nasution, Ingat kau kan, Bujing (Tante) Anu, (sumpah eyke kagak ingat gok), nahhh Ibunya ini, adalah Bowu (Bude), dari Tulangnya, Itonya, Parumaennya, anak dari Cucunya, Inang Tobangnya, dari udanya, kakek dari Bujing Anu tadi, jadi kau panggil Bujing lah sama dia (maksudnya eyke panggil Tante gitu ke Sheila Madjid). Eyke liat-liatan sama Mak-cik Sheila Madjid, sambil mesem-mesem. Eyke aja pusink 7 keliling, apalagi desye kan gok? Sambil cengengesan kagak mudeng, eyke komen biar gak kagok "Iya deh Uda (Om), yg penting sama-sama Muslim." Ternyata Sheila Madjid juga ngerti kebingungan eyke, dia balas komen "Iye ler, dalam Ukhuwah Islam. Semuenye juger bersodare...", katanya sambil senyum.
Seumur-umur ketemuan aja baru sekali. Baru tau kalo Ibunya Nasution. Nahloh, ujug-ujug bersodaraaaa.... Itulah Batak ya gok...

Balik ke acara pernikahan anak Mantan menteri tadi, eyke di kenalin Mr.Bo, ke seorang tamu, yg juga menurut silsilah masih bersodara. Marganya Nasution. Dulu waktu masih SMA, Tante eyke pernah bercerita kalaw Di Mandailing, yang dulunya 100% Islam, Punguan Nasution dan Lubis pernah mengalami gegar dan gempa. Sebab salah seorang Marga Lubis dan Marga Nasution, murtad dari Islam, dan convert ke Kristen, gegara diiming-imingi jabatan di Pemerintahan. Dulu Jaman penjajahan Belanda, yang mau jadi pegawai pemerintahan penjajah, harus ganti agama dulu, baru boleh kerja di pemerintahan. Persis seperti kultwit "Sejarah Kristenisasi" dari mas @Hafidz_ary tadi.

Dan orang yg dikenalkan Bokap eyke di pernikahan mantan Menteri itu, adalah salah satu keturunan Nasution yg Murtad itu. Oooowww pantesiinn, eyke kagak pernah liat mukanya nongol diacara kumpul-kumpul "Pomparan Ni Nasution". Soalnya Nasution keturunan Murtad itu, dalam "punguan Mandailing Nasution" dianggap agak-agak "penghianat". Rela murtad dan gati agama, demi jabatan. Begitu juga yg Marga Lubisnya. Jarang sekali turunan dari kedua Murtad itu mau ngumpul-ngumpul diacara adat. Agak-agak malu ati kali ya gok....

Nah itu dulu, jaman Penjajahan. Kalo gak gitu, kata Tante eyke, sampe sekarang Mandailing itu Pasti 100% Muslim. Tapi gegara dua Murtado tadi, jadi deh ada keturunan Nasution dan Lubis yg Kristen. Jadi kata Tante eyke, kalo ketemu Nasution ato Lubis yg Kristen, itulah hasil pemurtadan Jaman Penjajahan.

Kalo itu kan cerita jaman penjajahan gok, nahh kalo sekarang gimana cara-cara pemurtadannya gok?
Kalo sekarang lebih canggih gok, ada Murtad "cara Moderen". Lo kagak diiming-imingi kerjaan, tapi diiming-imingi beasiswa ke Negara-Negara Barat. Lo kagak perlu ganti Agama. Lo tetap ngaku Islam. Tapi lo harus berupaya memporak-porandakan dasar-dasar Islam. Cara ini justru jauh lebih berbahaya bukan gok?
Dan upaya lo untuk memasukkan intrik-intrik atau pikiran-pikiran menyimpang dari dasar-dasar Islam, akan dibiayai oleh Negara-Negara pemberi donor tadi. Lihat tuh contohnya barisan bebek penerima Beasiswa yg banyak dari NU, contohnya barisan bebek JIL . Hampir seluruhnya setelah dikasih beasiswa dan sekolah Ilmu Agama ke negara-negara Barat sono, pulang-pulang jadi barisan infiltrasi pemberangus Islam. Meski masih ngaku Islam, tapi polanya hampir sama pemurtadan.
Lebih seram dan lebih tak teraba. Kalo mereka langsung jelas-jelas mengaku Murtad seperti kejadian di Mandailing yg eyke cerikan di atas, malah gampang menanganinya. "Dibuang" dari "punguan" (Kumpulan) aja sudah skak Mat. Gak bisa lagi mempengaruhi.
Tapi kalo pemurtadan model JIL (Jaringan Iblis Liberal) yang notabene, kacung penerima beasiswa itu, lebih sulitkan memposisikan diri? Bahkan NU aja kebingungan menempatkan posisi kelompok "murtado Moderen" ini. Gak bisa kayak Punguan Nasution ato Lubis, yg "membuang" secara halus para Murtadin seperti cerita saya di atas tadi. Lha meski murtad, mereka tetap ngakunya Islam ta? Bingung kan gok?
Tapi tetep ya gok, sama aja, mereka murtad teteeppp karena ujung-ujungnya duta, alias duwit.
Wooaalllaahh.... Yiukk kita ngemis beasiswa, biar ntar jadi JILers... Kuwekuwekuwekk.....




No comments:

Post a Comment